Saturday 24 December 2011

Mimpiku 2012 (Essay Lomba buat Annida)

LOMBA ESSAI ANNIDA-ONLINE “IMPIANKU DI TAHUN 2012...”

Saya mahasiswi keguruan salah satu perguruan tinggi swasta di Surakarta. Profesi saya sebagai guru kelompok bermain di Wonogiri. Di lain sisi sebagai guru, saya tertarik dengan ilmu yang mempelajari tentang bumi. Mulai dari laut, gunung, daratan, dan langit ini. Fenomena alam merupakan suatu rahasia, dan kita sebagai manusia hanya bisa memprediksikan kelangsungannya.
Saya pernah melihat sekilas tayangan sebuah tv swasta mengenai sebuah gunung berapi yang berada di amerika serikat. Di tayangan tersebut diceritakan bila gunung berapi itu meletus akan menimbulkan tsunami yang sangat tinggi dan merusak wilayah Amerika Serikat. Penasaran dengan gunung itu, kemudian saya mencari di internet. Akhirnya saya temukan sebuah nama dari sekian deretan nama gunung api di dunia, Yellowstone. Yellowstone adalah sebuah gunung api super yang berada di Kawasan Taman Nasional Yellowstone di Wyoming, Amerika Serikat. Aktivitas gempa di sekitar gunung ini meningkat, menurut YVO, suatu badan pemantau Yellowstone dan USGS lembaga survey geologi Amerika selama bulan November 2011 tercatat 55 kali gempa bumi, yang terkuat tanggal 28 November pada pukul 11.02 waktu setempat. Dituliskan dalam banyak artikel bahwa bila suatu saat Yellowstone itu meletus, bukan hanya berdampak buruk bagi Amerika Serikat dan wilayah disekitarnya. Indonesia pun akan mengalami suatu masa yang akan mengantarkan kita dan seluruh umat manusia di bumi ini kembali ke jaman es dengan kadar radioaktif udara yang tinggi. Banyak penyakit bermunculan, dan ini akan membuat orang-orang yang dapat bertahan setelah bencana terasa berat disamping terputusnya tidak berfungsinya teknologi modern. Entah itu hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini dan bahkan mungkin masih seratus tahun lagi Yellowstone akan bangun dari tidurnya.
Saya seorang calon pendidik, terbesit dalam hati saya dapat menulis sebuah buku di tahun 2012 tentang Kegiatan Belajar Mengajar di Jaman Es. Sebuah buku yang memberi sedikit informasi pendidikan untuk masa yang akan datang saat teknologi mengalami hambatan beroperasi dan dunia menjadi dingin.
Indonesia adalah negara yang berada di katulistiwa dan beriklim tropis. Kita semua terbiasa beraktifitas dalam cuaca yang tergolong cukup panas. Suhu bumi terus meningkat bersama dengan bertambahnya angka tahun, sehingga bangsa Indonesia akan mengalami masa sulit untuk beradaptasi dengan jaman es.
Impian saya, dalam buku yang akan saya tulis berisi tentang proses pendidikan tetap berjalan apabila bencana alam itu benar benar terjadi. Ini bukan ramalan, tapi sebuah buku yang akan memotivasi para pendidik dan calon pendidik bangsa Indonesia untuk tetap memberikan pembelajaran dalam suatu keadaan apapun,
Salah satu kehidupan yang saya lirik untuk inspirasi adalah kehidupan di Eskimo, tapi artikel di internet masih minim sekali yang membahas tentang orang di sana. Hanya saja rumah igloo yang terbuat dari es, suhu di dalamnya hangat sekitar 45o C dapat menjadi alternatif pilihan tempat belajar dan menghindari radioaktif di udara dalam buku yang akan saya tulis.
Kita harus berpikir ke depan, berpikir tentang bagaimana nasib pendidikan lima hingga sepuluh tahun ke depan, atau bahkan berpikir hingga lima puluh tahun lagi. Kemajuan bangsa Indonesia di tangan kita. Pendidikan adalah awal bangsa kita untuk maju. Bencana bukan berarti kita lepas tanggung jawab sebagi pendidik. Nilai impian saya lebih dari mimpi sejuta dolar karena bila terlaksana kebanggaanya tidak terbayar dengan uang. Jayalah Indonesia.


http://www.annida-online.com/artikel-4677-betty-yulia-w.html

0 comments:

Post a Comment